Monday, May 13, 2013

Penyebab-Cara Mengatasi Modem Smartfren-RTO-Sleep



Modem Smartfren-RTO-Sleep. Bagi pengguna Modem Smartfren, mungkin sudah tak asing lagi dengan masalah ini, modem Smartfren RTO/Sleep/tidur saat digunakan untuk koneksi internet. Pada kondisi RTO (Request Time Out) akan membuat koneksi internet anda tidak berjalan mulus, halaman website tidak terbuka dan juga not responding (offline).
 

Beberapa penyebab Modem Smartfren-RTO antara lain :

1. Kondisi / posisi Modem yang kurang sinyal karena berada di lokasi luar jangkauan. Sinyal tidak tembus di wilayah anda (mungkin bisa faktor goegrafis atau jauh dari sumber jaringan)

2. Karena jaringan provider sedang bermasalah atau terlalu padatnya lalu lintas pada jaringan, secara umum smartfren memang banyak digunakan oleh pengguna saat ini, terutama wilayah kota. Untuk mengatasi hal ini, anda bisa coba mengganti setting DNS pada modem (buka di propertiesnya).

3. Dalam kondisi tidak adanya aktifitas koneksi internet. Saat komputer anda dalam posisi terkoneksi ke internet, namun tidak ada aktivitas browsing, tidak membuka halaman situs dan  lainnya, dimana koneksi hanya dibiarkan, dalam beberapa waktu lama, akan membuat modem anda sleep mode (tidur).

Beberapa tips yang bisa anda lakukan :

1. Anda bisa membuka Facebook atau yahoo messenger Disini kondisi selalu realtime/update/reload sehingga modem menganggap adanya aktifitas koneksi internet berjalan.

2. Melakukan ping (tracker) ke website tertentu misal google, yahoo dan lainnya.
- Cara melakukan ping (tracker) adalah : click start > run > ketik  cmd.exe , lalu enter/ok
- Setelah comman promp muncul, ketik ping www.google.com -t -l 1 , kemudian enter dan biarkan kondisi ini tetap berlangsung selama  browsing.



Penjelasannya adalah sebagai berikut.

ping www.google.com. Ping adalah perintah yang digunakan untuk memeriksa konektivitas antar jaringan melalui sebuah protokol Transmission Control Protocol atau Internet Protocol (TCP/IP) dengan cara mengirim sebuah paket data Internet Control Message

Protocol (ICMP) ke alamat IP (IP Address) yang hendak digunakan konektivitasnya. Sedangkan google.com adalah alamat website yang paling mudah untuk dikoneksikan.

-t  (dibaca min t) adalah perintah untuk melakukan tracking terhadap suatu konektivitas.

-l 1  (dibaca - L satu) adalah perintah untuk mengirimkan jumlah paket data, 1 (satu). Anda  bisa ganti dengan angka lainnya. Angka satu dipilih karena lebih mudah atau agar tidak terlalu berat dan tidak mengganggu koneksi internet.

Mungkin setelah beberapa jam koneksi internet akan semakin lambat. Anda bisa  refresh koneksi dengan disconnect modem, kemudian connect-kan kembali. Itu saja yang bisa saya informasikan, moga bermanfaat dan bisa membantu, terima kasih sudah mampir ke tempat saya. Sukses selalu!

3 comments: